Krupuk Upil dan Takdirnya

IMG20160807121332

 

Sebagian orang menamai kerupuk ini kerupuk Upil. Padahal bentuknya jauh lebih besar dari pada “upil” kerupuk ini digoreng bukan dengan minyak, melainkan pasir. Snack ringan ini warnanya bermacam-macam, meski begitu rasanya mirip-mirip.  Manis dan pedas adalah yang paling populer diantara rasa kerupuk Upil lainnya.  Bagi penggemar kerupuk, rasa ini amat “nagih”. Apalagi ada petis yang terbuat dari tepung telo yang rasanya manis manis pedas.

Satu jenis yang membuat jengkel adalah kerupuk upil versi “wahing” artinya kerupuk upil yang  kalau dimakan, krues krues… remah-remahnya yang mikro terhirup nafas dan menyebabkan bersin tidak ketulungan. Kerupuk ini dijual di pinggir jalan, toko “meracang” dan pusat oleh-oleh. Bungkus kecil seharga Rp.500,- sampai Rp. 2.000,-. Sementara plastik besar dijual seharga Rp.5.000,- sampai Rp. 12.000, eh ada juga ding yang menjualnya sampai Rp. 20.000,- meskipun habis bayar lalu bersungut-sungut.

Kerupuk “melarat” ini menjadi sangat populer di daerah Nganjuk, Kediri dan sekitarnya. Biasanya dinikmati bersama dengan “kulupan” pecel yang dibungkus daun Jati.Sayurnya terdiri dari kacang panjang dan daun ketela rambat, kadang kadang ada kangkung. Pedas bumbu pecel bercampur gurih opak pecel saja sudah nikmat. Apalagi bungkusnya daun Jati, yang aromanya tidak kalah harum. Jika Anda ingin mencicipi lezatnya snack ini, jangan mencarinya di restoran atau rumah makan. Pergilah ke pelosok desa, tempat nongkrong petani yang beristirahat dari menyiangi sawah dan ladang, utamanya pada siang sampai sore hari, saat orang kota ngeteh sambil menikmati biskuit susu.

Di kota besar seperti Surabaya, kerupuk upil ini disandingkan dengan rujak manis. Segarnya irisan buah Nanas, Pepaya, Jambu Air, Mangga muda, Apel, dan Bengkuang dengan “dressing” ulekan kacang dan gula merah semakin nikmat dengan renyahnya opak upil warna warni. Anda bisa bayangkan, sepanas-panasnya Kota Pahlawan, kalau ada rujak manis dan opak upil, semua penderitaan itu lewat.

Jadi takdir kerupuk Upil itu sebenarnya cocok sebagai sampingan makanan sehat. Rujak Manis dan Opak Pecel. Menjadi tidak sehat untuk kesejahteraan lidah Anda, jika Anda hanya membayangkan kedua snack sehat diatas tanpa melakukan apapun, kecuali berdiam diri. Sudah itu saja, kalau sampai Anda menelan ludah karena pengin, Do Something Guys!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *