Diet Golongan Darah untuk Infertilitas Apakah Bisa?

Diet menjadi pilihan bagi orang yang merasa kelebihan berat badan atau sedang memiliki bodygoal yang bagus. Terkadang diet juga menjadi pilihan bagi pasangan yang sedang menjalani terapi karena penyakit tertentu. Sementara itu, infertilitas menjadi salah satu alasan mengapa seseorang atau pasangan melakukan diet.

Tulisan ini adalah pengalaman pribadi. sehingga tidak bisa menjadi patokan untuk seseorang melakukan diet golongan darah semata-mata untuk mendapatkan keturunan. Para dokter tentu memiliki pandangan yang jauh lebih baik dari pada penulis.

Setelah menjalani pernikahan selama hampir 4.5 tahun. kami tidak segera mendapatkan momongan, apapun sudah kami lakukan. Mendatangi tukang pijat kesuburan, Termasuk terapi berobat ke dokter obgyn dan androlog.  Syukurlah dokter tidak menyarankan saya melakukan tindakan medis apapun karena dianggap kondisi kedua belah pihak baik.

Dokter hanya meyarankan untuk menurunkan berat badan, saya merasa agak berat karena diet adalah hal yang sulit dan membutuhkan konsistensi. jadi saya mencari referensi diet golongan darah. Lalu saya mencari referensinya di Gramedia. Dan mendapatkan buku “Diet Sehat Golongan darah” karangan Dr. Peter J Adamo

Golongan darah saya A dan Golongan darah suami O, jadi saya membeli 2 jenis buku. Untuk golongan darah A dan O. Ringkasan buku ini menyatakan bahwa golongan darah yang berbeda, memiliki reaksi kimi yang berbeda pula terhadap makanan. Artinya tubuh dan darah saya yang golongan darah A dan Suami yang bergolongan darah O akan mereaksi yang berbeda terhadap satu makanan yang sama.

Source : Pixabay
Source : Pixabay

Golongan darah A, dianjurkan untuk banyak makan sayuran hijau. Disebutkan pula bahwa golongan darah A cenderung memiliki metabolismu tubuh yang rendah, dan hemat energi.  Sehingga relatif tidak mudah lapar dan memiliki asam lambung yang rendah. Akhirnya saya mengerti mengapa saya tidak pernah sakit perut saat makan makanan yang begitu asam. Olahraga untuk golongan darah A tetap harus dilakukan tapi tidak cocok olahraga yang terlalu berat dan upbeat.

Source : Pixabay

Sementara itu seperti disebutkan dalam laman alo dokter, golongan darah O adalah makhluk yang boros energi, mudah lapar dan cenderung memiliki asam lambung yang tinggi. Penyakit golongan darah O kebanyakan dimulai dari asam lambung, Makanan yang cocok untuk golongan darah O adalah daging dan protein tinggi. Olahraganya pun Kardio, Lari, Bersepeda dan olah raga lain yang intensitasnya tinggi.

Setelah melakukan diet golongan darah selama 6 bulan, beratbadan saya tidak banyak turun, hanya tubuh terasa lebih fit dan tidak mudah lelah. Hanya sekita 1.5 kg saya turun berat badan, tetapi bonusnya adalah saya hamil dan ketika saya konfirmasi ke dokter, dokternya menyatakan, memang salah satu penyebab mengapa infertilitas terjadi adalah gangguan hormon, dan gangguan hormon biasanya disebabkan oleh pilihan konsumsi obat dan makanan.

Jadi, buat pasangan yang sedang menantikan buah hati, jangan putus asa yaaaa? Tetaplah berjuang dengan riang gembira.  Nanti kalau Alloh sudah berkehendak, Insya Alloh Kun Fayakun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *